Kondisi jalanan di Jakarta pada saat ini sudahlah tidak mulus. Dan hal  itu bisa dicontohkan seperti banyaknya lobang yang berserakan di  jalanan. Kondisi inilah yang membuat bagian kaki-kaki pada mobil Anda  berkurang umurnya ataupun rusak.
Mungkin masih ada orang yang menyepelekan bagian kaki-kaki karena  menganggap mesin adalah yang utama, dan yang terpenting mobil masih bisa  berjalan normal. Padahal bagian kaki-kaki pada mobil merupakan bagian  terpenting.
Kerusakan kaki-kaki mobil, akan membuat perjalanan Anda tidak nyaman.  Misalnya ayunan mobil tidak seperti normal, mobil pada saat jalan lurus  tidak stabil, rem yang kurang pakem, dan masih banyak lagi.
Bagi Anda yang punya waktu luang, tidak ada salahnya memeriksa sendiri  kondisi kaki-kaki mobil sebelum Anda memvonis kerusakan kaki-kaki  tersebut. Ryo dari workshop Pegasus Super Ultimate Performance mau  berbagi beberapa tips ringan mengenai pemeriksaan pada bagian kaki-kaki  mobil. untuk itu kita simak aja apa yang dijabarkannya.   
1.    Bearing Roda 
Pertama kali anda harus mendongkrak mobil anda sampai roda bisa berputar  bebas. Kemudian untuk memeriksa kondisi bearing atau laher roda, anda  harus memutarkan roda dengan memakai tangan anda dan dengarkan bunyi  yang dihasilkan. Apabila tidak ada bunyinya berarti bearing masih bagus,  tetapi bila berbunyi seperti gemuruh berarti bearing sudah lemah.  Silahkan diganti yah.
2.    Shockbreaker  
adalah peredam kejut yang  fungsinya meredam ayunan pada mobil anda. Cara memeriksanya, anda harus  menjalankan mobil anda dan melewati polisi tidur. Jika pada saat  melewati polisi tidur kemudian ayunannya hanya sekali, berarti  shockbreaker masih bagus. Jika mobil mengayun berkali-kali, berarti  shockbreaker sudah lemah. Jika mobil anda menggunakan shockbreaker jenis  oli, bisa juga diperiksa dengan cara anda melihat shockbreaker tersebut  apakah ada kebocoran oli di sekitar shockbreaker. Periksa juga bushing  atau stopper pada shockbreaker tersebut, jika sudah sobek atau pecah,  silahkan diganti berikut shockbreakernya.
3.    Tie Rod dan Long Tie Rod 
Sama seperti pemeriksaan pada bearing  roda, dongkrak mobil anda terlebih dahulu sampai roda bisa berputar  bebas. Kemudian pegang bagian kiri dan kanan pada roda, dan goyangkan  keluar dan kedalam. Jika ada suara “klotok-klotok” dan terasa oblak,  berarti tie rod dan long tie rod mobil anda sudah saatnya diganti dengan  yang baru. Atau bisa juga diperiksa dengan cara mengendarain mobil  anda, jika saat melewati jalan yang tidak rata terdapat bunyi  “klotok-klotok” berarti sudah rusak.
4.    Spooring 
Cara memeriksanya dengan cara mengendarai mobil anda di kecepatan  60km/jam dengan posisi setir kemudi lurus. Jika mobil pada saat itu  belok dengan sendirinya ke kiri atau ke kanan, sudah saatnya mobil anda  untuk di spooring.
5.    Velg 
Pada bagian velg, pemeriksaannya dengan  cara mengendarai terlebih dahulu mobil anda pada kecepatan diatas  80km/jam. Jika pada saat kecepatan tersebut setir bergetar, berarti velg  anda tidak balance. Solusinya harus di balancing. Jika pada saat jalan  pada kecepatan pelan dan velg terasa goyang, ada kemungkinan velg anda  peang. Solusinya bisa dibawa ke workshop untuk melakukan repair.
6.    Ban
Pada bagian ini bisa dilihat dari ban itu sendiri dengan cara dilihat  ketebalan kembangnya, kemudian bisa dilihat fisiknya apakah ada  keretakan pada bagian ban. Jika sudah tipis atau retak, sudah saatnya  ban anda untuk diganti.
7.    Rem
Cara memeriksanya, dengan cara mengendarain mobil  pada kecepatan  60km/jam dan anda injak pedal rem Anda. Jika Anda menginjak pedal  tersebut harus terlalu dalam untuk membuat mobil berhenti, ada  kemungkinan booster rem mobil sudah rusak. Jika pada saat menginjak  pedal rem pertama dan kedua terdapat perbedaan tekanan, kemungkinan  minyak rem pada kendaraan Anda sudah berkurang. Penyakit lain sektor rem  adalah jika pada saat menginjak rem kemudian mobil Anda belok ke satu  sisi, ada kemungkinan kaliper rem kiri atau kanan bermasalah.
sekian tip ringan buat para GMC , semoga dapat berguna untuk memeriksa kaki kaki mobil anda. 

 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar